Eliya Abu Madhi
Dalam
perkembangan sastra arab modern muncul istilah sastra arab diaspora (mahjar).
Mahjar berasal dari kata hajara, yang artinya berpindah ke tempat lain atau
menetap. kata diaspora itu sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti penyebaran.
Dapat ditarik kesimpulan tentang pengertian sastra arab mahjar(diaspora) yaitu
sastra arab yang muncul dari sekelompok orang yang telah melakukan penyebaran
diluar tanah airnya sastra arab rantauan.Penyair penyair arab modern
diaspora diantaranya adalah 1. Kahlil
gibran 2. Elia abu madhi 3.najib mahfudz 4. Nawal el sa’dawi.Disini saya akan
menjelaskan seorang penyair bahasa arab modern diaspora yaitu elia abu madhi.
1.
Sejarah singkat Elia Abu Madhi

Sejarah seorang penyair modern diaspora amerika yang bernama Elia Abu Madhi ini dilahirkan di
libanon pada tahun 1889 dan meninggal di amerika 24 november 1957.beliau di lahirkan dari
keluarga beragama kristen dan beliau terlahir dengan keluarga yang sederhana,
tidak seperti yang lainnya bahkan untuk sekolah saja beliau tidak mampu. ketika
umur 11 tahun beliau dan keluarganya berpindah dari lebanon ke mesir lalu ke
amerika.karna lingkunganlah yang membuat elia abu madhi berbahasa arab.
Ketika elia abu madhi menginjak umur 20 tahun 1901, elia mulai memikirkan
nasibnya sehingga mau tidak mau dia pun harus berusaha untuk mencari kehidupan
yang lebih baik. Sampai akirnya pamannya yang berprofesi sebagai pedagang
menguatkan hati elia untuk engikuti jejak pamanya berdagang ke negara tetangga.
tepat pada tahun 1902 H Beliau berhijrah dari lebanon ke mesir dengan tujuan
berdagang. Sesampainya di mesir ketika dalam perjalanan pulang elia bertemu
dengan ahli syair dan dia adalah salah satu pemilik sebuah percetakan majarah.
sampai akhirnya dia berbincang-bincang dengan ilya dan ternyata elia mempunyai
bakat yang terpendam.
Ahirnya pemilik
percetakan itu mengajak elia untuk bergabung denganya. tanpa pikir panjang pun
akhirnya elia tidak mau membuang kesempata emas itu. hari demi hari bulan demi
bulan dan tahun demi tahu dia lewati masa itu sampai akhirnya karangan
syair-syair beliau menjadi terkenal. Dalam karangannya beliau sering
menyinggung syair tentang politik, ekonomi, nasionalisme sampe ensiklopedia.
namun di tengah ketenaranya syair-syair beliau, Pemerintah disitu tidak suka
dengan sindiran-sindirannya. sehingga sampai akhirnya dia siusir oleh
pemerintah dah hijrah ke amerika serikat dan di mesirlah yang mengajari dan
membenamkan nasibnya kelak menjadi seorang sastrawan terbesar di Mahjar Amerika,
beberapa tahun setelah itu.
Pada tahun 1912, beliau
kembali ke Libanon setelah merampungkan ontology pertamanya, Tidzkaar al-
Madhi. Karena Libanon saat itu ada dalam genggaman penjajahan Turki Utsmani
yang kejam, tahun itu pula beliau menuju Amerika. Pada tahun 1916 elia pindah ke New York, Kota besar inilah yang
mengantarkan beliau menjadi penyair besar. Di kota ini pulalah ia bertemu dan
bersahabat dengan para pujangga besar asal Timur Tengah lainnya seperti Kahlil
Gibran, Mikhail Nu’aimah, Amin Raihani, Nasib Aridha, Nadrah Haddad dan
lainnya. Mereka ini, di New York membina sebuah pahuyuban yang dinamai Rabithah
Qalamiyah.
Bila Gibran, masyhur
dengan karya-karyanya yang mendunia dan menjadikan karya karya masterpiece
sebagai qantharah atau jembatan yang menghubungkan sastra Arab dengan
sastra Amerika. Maka, karya karya elia Abu Madhi adalah gambaran umum dari
sastra Mahjar. Para kritikus sastra Mahjar sepakat menjadikan
elia sebagai penyair Mahjar terbesar sementara Gibran sebagai anak emas
yang karya-karyanya mendunia.
2. Karya karya Elia Abu Madhi
Karya-karya Ilya Abu
Madhi; al- Jadawil, al- Samir, al- Khamail dan lainnya menjadi karya
besar yang mengangkat citra sastra Arab di kancah sastra dunia. Beberapa karya
puisinya yang sudah diterbitkan dan dibukukan adalah: Tazkar al- Madi (1911);
Diwan Elia Abu Madi (1919); Al- Jadawil ( " The Streams
" ) (1927); Al - Khama'il (1940 ); dan Tibrwa Turab (
1960). Dalam karya elia abu madhi mempunyai unsur sastra athifah,khayal,fikrah.
3. Syair Elia Abu Madhi
لستُ أدرِي
جئتُ، لا أعلمُ منْ أين، ولكنّي أتيتُ
|
ولقد أبصرتُ قدّاميْ طريقًا فمشيتُ
|
وسأبقى ماشيًا إن شئتُ هذا أم أبيتُ
|
كيف جئتُ؟ كيف أبصرتُ طريقي؟
|
لستُ أدرِي
|
أجديدٌ أم قديمٌ أنا في هذا الوجودِ
|
هل أنا حرٌّ طليقٌ أم أسيرٌ في قيودِ
|
هل أنا قائدُ نفسي في حياتي أم مقود
|
أتمنّى أنّني أدري ولكن
|
لستُ أدرِي
|
وطريقي، ما طريقي أطويلٌ أم قصيرٌ
|
هل أنا أصعدٌ أم أهبطٌ فيه وأغورٌ
|
أأنا السّائر في الدّرب أم الدّرب يسيرٌ
|
أم كلاّنا واقفٌ والدّهر يجري
|
لستُ أدرِي
|
Aku Tidak Tahu
Aku telah datang, tapi
aku tak tahu dari mana, tapi aku telah datang
Kedua kaki telah
menemukan jalan, maka aku berjalan
Aku terus berjalan,
jika aku mau ini, atau aku menetap
Bagaimana aku bisa
datang ? bagaimana aku bisa menemukan jalanku...
Aku tidak tahu
Apakah baru ataukah
usang diriku ini ada
Apakah aku seorang yang
bebas merdeka, atau kah aku berjalan dalam belenggu
Apakah aku penguasa
jiwa dalam kehidupanku, ataukah aku dikendalikan
Aku berharap sungguh
aku tahu tapi.
Aku tidak tahu
Jalanku bukanlah
jalanku apakah panjang ataukah pendek
Apakah aku naik,
ataukah jatuh dan tertipu
Apakah aku berjalan
dijalan ataukah jalanan yang berlalu
Apakah kita semua
berhenti dan masa berlari Aku tidak tahu.
Dalam syair elia abu madhi yang berjudul lastu adri
terdapat nilai sosial, dan beliau ketika menuliskan syair ini dalam kondisi
galau dalam keberadaanya dan pengembaraan si penyair dalam menemukan jati
dirinya.
DAFTAR ISI
Khomis Al Maliji, Hasan. 1995. Al
Adab Wa An Nushus Lighoiri An Nathiqin Bil Arabiyah. Riyadh: jamiah Malik
Saudiyah.
Muhammad Abdu Mun’im Khofaji.Al
Adab Araby Al Hadits Wa Madaris. Bairut : Darul Jayyid
Joseph Al Hasyim. 1978 .Al Mufid .Bairut .
Ahmad Kubsin. Tarikh Syair Al Araby
. Bairut-Lebanon: Warrajil.
hemm
BalasHapusKasihan ya elia abu madhi, beliau tidak tahu dari mana ia berasal, tidak tahu siapa yg menguasai hidupnya, dan tidak tahu untuk apa dia hidup, berarti beliau hidup dan mati dalam kebingungan
BalasHapusMiris yaa.. Saya tidak tahu لستُ أدرِي
BalasHapusDia ini adalah penyair atheis
BalasHapusElia abu madi gagal mengetahui 3 pertanyaan penting dalam hidup
BalasHapus1. darimana berasal?
2. Untuk apa diciptakan?
3. Kemana setelah itu?
Akhirnya mati dalam keadaan bingung