بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Minggu, 10 Mei 2015

Eliya Abu Madhi

Eliya Abu Madhi
Dalam perkembangan sastra arab modern muncul istilah sastra arab diaspora (mahjar). Mahjar berasal dari kata hajara, yang artinya berpindah ke tempat lain atau menetap. kata diaspora itu sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti penyebaran. Dapat ditarik kesimpulan tentang pengertian sastra arab mahjar(diaspora) yaitu sastra arab yang muncul dari sekelompok orang yang telah melakukan penyebaran diluar tanah airnya sastra arab rantauan.Penyair penyair arab modern diaspora  diantaranya adalah 1. Kahlil gibran 2. Elia abu madhi 3.najib mahfudz 4. Nawal el sa’dawi.Disini saya akan menjelaskan seorang penyair bahasa arab modern diaspora yaitu elia abu madhi.

1.      Sejarah singkat Elia Abu Madhi
Description: C:\Users\USER\Documents\eliya abu mdi.jpg
Sejarah seorang penyair modern diaspora amerika  yang bernama Elia Abu Madhi ini dilahirkan di libanon pada tahun 1889 dan meninggal di amerika  24 november 1957.beliau di lahirkan dari keluarga beragama kristen dan beliau terlahir dengan keluarga yang sederhana, tidak seperti yang lainnya bahkan untuk sekolah saja beliau tidak mampu. ketika umur 11 tahun beliau dan keluarganya berpindah dari lebanon ke mesir lalu ke amerika.karna lingkunganlah yang membuat elia abu madhi berbahasa arab.
Ketika elia abu madhi menginjak umur 20 tahun 1901, elia mulai memikirkan nasibnya sehingga mau tidak mau dia pun harus berusaha untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Sampai akirnya pamannya yang berprofesi sebagai pedagang menguatkan hati elia untuk engikuti jejak pamanya berdagang ke negara tetangga. tepat pada tahun 1902 H Beliau berhijrah dari lebanon ke mesir dengan tujuan berdagang. Sesampainya di mesir ketika dalam perjalanan pulang elia bertemu dengan ahli syair dan dia adalah salah satu pemilik sebuah percetakan majarah. sampai akhirnya dia berbincang-bincang dengan ilya dan ternyata elia mempunyai bakat yang terpendam.
Ahirnya pemilik percetakan itu mengajak elia untuk bergabung denganya. tanpa pikir panjang pun akhirnya elia tidak mau membuang kesempata emas itu. hari demi hari bulan demi bulan dan tahun demi tahu dia lewati masa itu sampai akhirnya karangan syair-syair beliau menjadi terkenal. Dalam karangannya beliau sering menyinggung syair tentang politik, ekonomi, nasionalisme sampe ensiklopedia. namun di tengah ketenaranya syair-syair beliau, Pemerintah disitu tidak suka dengan sindiran-sindirannya. sehingga  sampai akhirnya dia siusir oleh pemerintah dah hijrah ke amerika serikat dan di mesirlah yang mengajari dan membenamkan nasibnya kelak menjadi seorang sastrawan terbesar di Mahjar Amerika, beberapa tahun setelah itu.
Pada tahun 1912, beliau kembali ke Libanon setelah merampungkan ontology pertamanya, Tidzkaar al- Madhi. Karena Libanon saat itu ada dalam genggaman penjajahan Turki Utsmani yang kejam, tahun itu pula beliau menuju Amerika. Pada tahun 1916 elia  pindah ke New York, Kota besar inilah yang mengantarkan beliau menjadi penyair besar. Di kota ini pulalah ia bertemu dan bersahabat dengan para pujangga besar asal Timur Tengah lainnya seperti Kahlil Gibran, Mikhail Nu’aimah, Amin Raihani, Nasib Aridha, Nadrah Haddad dan lainnya. Mereka ini, di New York membina sebuah pahuyuban yang dinamai Rabithah Qalamiyah.   
Bila Gibran, masyhur dengan karya-karyanya yang mendunia dan menjadikan karya karya masterpiece sebagai qantharah atau jembatan yang menghubungkan sastra Arab dengan sastra Amerika. Maka, karya karya elia Abu Madhi adalah gambaran umum dari sastra Mahjar. Para kritikus sastra Mahjar sepakat menjadikan elia sebagai penyair Mahjar terbesar sementara Gibran sebagai anak emas yang karya-karyanya mendunia.
2.      Karya karya Elia Abu Madhi
Karya-karya Ilya Abu Madhi; al- Jadawil, al- Samir, al- Khamail dan lainnya menjadi karya besar yang mengangkat citra sastra Arab di kancah sastra dunia. Beberapa karya puisinya yang sudah diterbitkan dan dibukukan adalah: Tazkar al- Madi (1911); Diwan Elia Abu Madi (1919); Al- Jadawil ( " The Streams " ) (1927); Al - Khama'il (1940 ); dan Tibrwa Turab (  1960). Dalam karya elia abu madhi mempunyai unsur sastra athifah,khayal,fikrah.


3.      Syair Elia Abu Madhi

لستُ أدرِي
جئتُ، لا أعلمُ منْ أين، ولكنّي أتيتُ
ولقد أبصرتُ قدّاميْ طريقًا فمشيتُ
وسأبقى ماشيًا إن شئتُ هذا أم أبيتُ
كيف جئتُ؟ كيف أبصرتُ طريقي؟
لستُ أدرِي
أجديدٌ أم قديمٌ أنا في هذا الوجودِ
هل أنا حرٌّ طليقٌ أم أسيرٌ في قيودِ
هل أنا قائدُ نفسي في حياتي أم مقود
أتمنّى أنّني أدري ولكن
لستُ أدرِي
وطريقي، ما طريقي أطويلٌ أم قصيرٌ
هل أنا أصعدٌ أم أهبطٌ فيه وأغورٌ
أأنا السّائر في الدّرب أم الدّرب يسيرٌ
أم كلاّنا واقفٌ والدّهر يجري
لستُ أدرِي
Aku Tidak Tahu
Aku telah datang, tapi aku tak tahu dari mana, tapi aku telah datang
Kedua kaki telah menemukan jalan, maka aku berjalan
Aku terus berjalan, jika aku mau ini, atau aku menetap
Bagaimana aku bisa datang ? bagaimana aku bisa menemukan jalanku...
Aku tidak tahu
Apakah baru ataukah usang diriku ini ada
Apakah aku seorang yang bebas merdeka, atau kah aku berjalan dalam belenggu
Apakah aku penguasa jiwa dalam kehidupanku, ataukah aku dikendalikan
Aku berharap sungguh aku tahu tapi.
Aku tidak tahu
Jalanku bukanlah jalanku  apakah panjang ataukah pendek
Apakah aku naik, ataukah jatuh dan tertipu
Apakah aku berjalan dijalan ataukah jalanan yang berlalu
Apakah kita semua berhenti dan masa berlari  Aku tidak tahu.

Dalam syair elia abu madhi yang berjudul lastu adri terdapat nilai sosial, dan beliau ketika menuliskan syair ini dalam kondisi galau dalam keberadaanya dan pengembaraan si penyair dalam menemukan jati dirinya.











DAFTAR ISI
Khomis Al Maliji, Hasan. 1995. Al Adab Wa An Nushus Lighoiri An Nathiqin Bil Arabiyah. Riyadh: jamiah Malik Saudiyah.
Muhammad Abdu Mun’im Khofaji.Al Adab Araby Al Hadits Wa Madaris. Bairut : Darul Jayyid
Joseph Al Hasyim. 1978 .Al Mufid  .Bairut .
Ahmad Kubsin. Tarikh Syair Al Araby . Bairut-Lebanon: Warrajil.


5 komentar:

  1. Kasihan ya elia abu madhi, beliau tidak tahu dari mana ia berasal, tidak tahu siapa yg menguasai hidupnya, dan tidak tahu untuk apa dia hidup, berarti beliau hidup dan mati dalam kebingungan

    BalasHapus
  2. Miris yaa.. Saya tidak tahu لستُ أدرِي

    BalasHapus
  3. Elia abu madi gagal mengetahui 3 pertanyaan penting dalam hidup

    1. darimana berasal?
    2. Untuk apa diciptakan?
    3. Kemana setelah itu?

    Akhirnya mati dalam keadaan bingung

    BalasHapus